BISAKAH TARIK TUNAI TANPA KARTU DEBIT? PAKAI ATM BNI, BISA!


Iklan Bank BNI dalam menyambut Ramadhan tahun ini sungguh mengharukan. Diceritakan seorang anak yang tidak dapat mudik karena wabah Covid-19. Ia mengirim SMS kepada ibunya mengabarkan bahwa tidak pulang kampung lebaran tahun ini, namun tetap mengirim uang untuk persiapan puasa dan biaya sekolah adiknya. Walaupun ibunda tidak memiliki rekening di BNI, namun tetap bisa melakukan tarik tunai di ATM BNI dengan berbekal nomor transaksi yang diinformasikan olehnya.


Anda ingin melakukan hal yang sama? Bisa banget dengan mobile banking BNI. Caranya seperti yang saya jelaskan di bawah ini.

1.    Login aplikasi BNI m-banking. Pilih menu mobile tunai di sebelah bawah.


2. Centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Pilih nomor rekening debet. Pilih tujuan untuk diri sendiri atau orang lain. Isikan nominal minimal 50.000, maksimal 1.250.000. 

4. Jika untuk orang lain, Anda perlu memasukkan nama dan nomor handphone penerima pada menu Input Baru. Centang pada Simpan ke Daftar Favorit jika Anda akan sering mengirim ke penerima tersebut. Tekan lanjut.

5. Setelah memasukkan password transaksi, Anda akan menerima bukti bahwa transaksi berhasil dilakukan.

Kode transaksi pada baris bawah bisa Anda informasikan kepada penerima untuk syarat penarikan di ATM. Perlu diingat bahwa kode transaksi ini hanya berlaku selama 2 jam. Ada baiknya Anda bertransaksi mobile tunai ketika penerima telah siap untuk mengambil di ATM.

Sedangkan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh penerima adalah:

1. Mengunjungi ATM BNI sambil membawa HP dengan nomor yang telah diinput oleh pengirim. Pastikan pulsa mencukupi untuk menerima OTP (one time password).
2. Tekan tombol Enter/Accept (warna hijau) pada ATM.


3. Pilih bahasa.


4. Pilih mobile tunai


5. Silakan masukkan kode transaksi maksimal 10 digit, kemudian pilih lanjutkan.


6. Monitor ATM akan menampilkan konfirmasi penarikan bersamaan dengan pengiriman OTP ke nomor handphone penerima. Buka pesan masuk (SMS) di handphone, kemudian input OTP pada field yang tersedia, tekan jika benar.


7. Monitor ATM akan menampilkan pesan berikut tanda transaksi sedang diproses.


8. Jika OTP yang diinput berhasil diverifikasi maka uang akan keluar dari ATM. Transaksi selesai.


Fitur mobile tunai ini dapat juga Anda manfaatkan jika dalam perjalanan Anda memerlukan uang tunai namun kartu debit tertinggal. Pastikan Anda telah melakukan aktivasi mobile banking BNI dengan nomor HP yang aktif.

Comments

Popular Posts